Friday, July 20, 2012

Membangun Aplikasi SMS Gateway untuk Perguruan Tinggi

Penerapan TI, dalam membantu layanan dan operasional sehari-hari sudah bukan barang baru. Hampir semua perusahaan dan instansi pemerintah sudah menggunakan teknologi informasi ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan, tidak terkecuali juga di dunia pendidikan.
Perkembangan perguruan tinggi di Indonesia sekarang ini tidak terlepas dari peran teknologi informasi dalam membantu memajukannya, karena dengan adanya TI akan dapat mempercepat proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas.
Disamping perkembangan computer yang sudah memasuki era laptop/notebook, perkembangan handphone pun tidak kalah pesatnya. Hampir bisa dipastikan setiap mahasiswa, orang tua, dosen dan manajemen universitas memiliki handphone, karena HP sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi, tukang becakpun memiliki HP.

Penggunaan HP yang semakin meluas maka akan mendukung perkembangan TI ke depan. Kombinasi antara computer dan HP menjadi hal yang sangat menarik untuk di terapkan, apalagi sekarang ini koneksifitas antara HP dan computer semakin mudah, dapat melalui kabel data, USB, Infrared, Bluetooth, dll. Kombinasi keduanya aka melahirkan sebuah layanan yang spektakuler. Bagaimana tidak setiap informasi yang ada diperguruan tinggi dapat didapat hanya dari layar HP, misalkan nilai, IPK, KHS, Informasi kuliah, Absensi, dll. Dengan adanya combine dua teknologi ini maka akan meningkatkan layanan dan kemudahan user dalam mengakses informasi di perguruan tinggi.
Bagaimana prinsip kerjanya ?
SMS Gateway merupakan perpaduan antara layanan telepon seluler dengan computer, dimana computer akan merespon secara otomatis setiap ada request perintah yang didapat via SMS, dan computer akan mengirim jawaban dari request via SMS. Namun disini perlu diperhatikan mengenai aturan dalam mengirim SMS agar computer dapat menterjemahkan apa yang di request.
Bayangkan dengan penerapan teknologi ini maka computer akan dapat menggantikan seorang customer service atau layanan akademik dengan kerja yang lebih cepat dan standby 24 jam non stop (kecuali kalau servernya mati atau pulsanya habis ).

Untuk mengembangkannya anda cukup punya satu komputer sebagai server, satu modem GSM atau HP yang memiliki modem. Cukup mudah bukan untuk membuatnya.
Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang opensource untuk melakukannya seperti dengan Gammu, sehingga hal ini semakin mempermudah dalam melakukannya.

Source :  http://andi.staff.uii.ac.id/




Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari SMS Gateway PHP di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment